Senin, 27 Februari 2012


Enam jenis pengembangan pariwisata Bandung Barat (PR  Mar 2010):
Ekowisata                              
  • Kec. Cipendeuy
  • Kec. Cisarua
  • Lembang
Wisata Danau
  • Cipendeuy
  • Cisarua
  • Cihampelas
  • Padalarang
Desa Wisata
  • Cikalong Wetan
  • Cililin
  • Parongpong
Wisata Budaya
  • Lembang
  • Cililin
Geowisata
  • Lembang
  • Cipatat
Wisata Alam
  • Maribaya
  • Situ Ciburuy
  • Leuwi Opat Curug Tilu
WISATA KOTA BANDUNG

Bandung KM 0 – Jl. Asia afrika
Tempat Wisata di Bandung - Pendopo – Jl. Dalem Kaum
Tempat Wisata Bandung - Masjid Agung Bandung - Jl. Asia Afrika
Tempat Wisata Bandung - Masjid Cipaganti – jl. Cipaganti
Tempat Wisata Bandung - Wisata sejarah – jl. Braga
Cibeunying



Tempat Wisata Kolam Renang di Bandung

1. Tempat Wisata di Bandung - Karangsetra - Jl. Sirnagalih 15
2. Tempat Wisata di Bandung - Batununggal - Jl. Batununggal Indah II No. 79
3. Tempat Wisata di Bandung - Pandiga - Jl. Sirnarasa 11, Kota Cimahi
4. Tempat Wisata di Bandung - Waterpark Sulaiman - Jl. Raya Kopo, Lanud Sulaiman Kab. Bandung
5. Tempat Wisata di Bandung - Bikasoga - Jl. Suryaindah No.1-3
6. Tempat Wisata di Bandung - Sabuga - Jl. Taman sari no. 73
7. Tempat Wisata di Bandung - Waterboom Ciparay - Jl. Raya Ciparay, Cikoneng. Kab. Bandung
8. Tempat Wisata di Bandung - Waterboom Siliwangi - Jl. Lombok No. 10
9. Tempat Wisata di Bandung - Kolam Renang Muslimah - Cisantren Kulon RT 4 RW 11 Kota Bandung
10. Tempat Wisata di Bandung - Al-Ma’soem - Rancaekek, Kabupaten Bandung
11. Tempat Wisata di Bandung - Pemandian Air Panas Gn. Puntang - Desa Cimaung Kab. Bandung
12. Tempat Wisata di Bandung - Budisari - Jl. Budisari VII No.2
13. Tempat Wisata di Bandung - Ciawitali - Jl. Ciawitali, Kota Cimahi
14. Tempat Wisata di Bandung - Rumah Sosis - Jl. Setiabudhi 295
Peta ini dinamis dan bisa anda rubah disesuaikan dengan lokasi tempat anda berada dan tujuan yang anda inginkan. Bacalah terlebih dahulu petunjuk yang ada di kolom sebelah kanan untuk memudahkan penggunaannya.

Situ Patengan.

Merupakan sebuah danau alam yang terletak di perkebunan teh Ranca Bali, berjarak sekitar 47 Km dari kota Bandung. Merupakan kawasan wisata yang berudara sejuk dan segar, sangat jauh dari polusi. Di pinggir danau terdapat banyak perahu yang dapat disewa untuk wisatawan mengelilingi danau dan menuju Batu Cinta.

Traveler Tips : Mengunjungi tempat ini sebaiknya di pagi hari sampai dengan siang hari, karena di sore hari biasanya kabut sudah turun. Kabut di situ patengan sangat pekat bahkan jarak pandang bisa hanya 1-2 meter saja sehingga tidak akan terlihat pemandangan apa-apa. Untuk sewa perahu mengelilingi danau sebaiknya anda melakukan tawar menawar harga terlebih dahulu. Biasanya harga yang ditawarkan sektar Rp 10.000 s/d Rp. 15.000 / orang. 

Kawah Putih.


Masih terletak di kawasan Ranca Bali, berjarak sekitar 44 Km dari kota Bandung atau tepatnya di desa Sugih, kecamatan Pasir Jambu. Kawah Putih adalah sebuah danau kawah dari gunung Patuha dengan ketinggian 2.434 meter di atas permukaan laut. Kawah ini merupakan salah satu kawah dengan kadar keasaman belerang tertinggi di dunia, oleh sebab itulah pemerintah kolonial Belanda pernah membangun pabrik belerang di tempat ini.

Keunikan objek wisata ini adalah kawahnya yang berwarna putih bisa berubah warna sesuai dengan kadar belerang, udara di sini sangat dingin bahkan bisa mencapai 0- 2 derajat celcius di musim-musim tertentu.

Traveler Tips : Sama seperti Situ Patengan pada sore hari di Kawah Putih biasanya turun kabut yang sangat pekat. Di samping itu kadar belerang menjadi sangat tinggi sehingga kawah ini sering ditutup pada sore hari. 

Ranca Upas.


Sebuah komplek bumi perkemahan yang ada di sekitar areal tanaman Eucalyptus, sejenis tanaman yang berasal dari benua Australia. Kawasan ini berjarak 45 Km dari pusat kota Bandung, dan terletak di ketinggian 1.700 meter dari permukaan laut, dengan suhu udara rata-rata 18 derajat celcius. Di tempat ini juga terdapat penangkaran rusa yang menjadi daya tarik bagi wisatawan. 

Kebun Strawberry.

Wisata petik strawberry saat ini merupakan wisata yang sangat digemari oleh wisatawan.

Strawberry merupakan produk agrowisata unggulan dari kabupaten Bandung, khususnya di daerah Ciwidey. Di daerah ini terdapat banyak sekali kebun strawberry tradisional sampai dengan kebun dengan pengelolaan profesional. Anda bebas memilih kebun mana yang anda senangi dan memetik sendiri langsung.

Traveler Tips : Strawberry kualitas baik justru terdapat di luar musim hujan, karena sifatnya yang mudah rusak / busuk jika sering terkena air hujan. Apabila anda berkunjung di saat musim hujan, sebaiknya memilih kebun strawberry yang tertutup / menggunakan green house.

Cimanggu.
Daerah Ciwidey sangat kaya dengan sumber air panas alami. Salah satunya dimanfaatkan oleh perum perhutani sebagai kolam renang Cimanggu. Kolam Cimanggu memiliki fasilitas parkir yang luas, tempat bermain anak-anak, dll.

Ciwalini.
Seperti halnya Cimanggu, Ciwalini juga memanfaatkan pelimpahnya sumber mata air panas alam. Kolam renang ini berada di lingkungan perkebunan teh Walini yang sejuk.

Traveler Tips : Cimanggu kolam dan area parkirnya luas + dilengkapi dengan tempat bermain anak-anak, tetapi ciwalini memiliki air yang lebih jernih..

Situ Cileunca.
Situ Cileunca adalah sebuah danau yang ada di daerah Pangalengan. Danau ini merupakan danau buatan yang luasnya 1.400 Hektar dengan dikelilingi bukit-bukit dan berlatar belakang pegunungan.


Selain berfungsi sebagai objek wisata yang menarik, situ Cileunca juga berfungsi sebagai sumber air bagi pembangkit tenaga listrik. Air dari danau dialirkan melalui sungai Palayangan, yang juga sering digunakan sebagai arena ber-arung jeram / rafting. Peket rafting di sungai Palayangan  

Pekebunan Teh Malabar.
Gunung Malabar yang memiliki pesona alam perkebunan teh dengan udara yang sejuk alami, sangatlah cocok untuk kegiatan olah raga jalan kaki / tea walk sambil ber rekreasi. Di tengah-tengah perkebunan terdapat macam-macam bangunan kuno yang masih terawat dengan baik, seperti guest house, perumahan administratur perkebunan pada masa penjajahan sampai dengan makam K.A.R. BOSSCHA.

Pemandian Air Panas Cibolang.
Sebuah wana wisata pemandian air panas alam yang terletak di dalam hutan rimba berbatasan dengan kebun teh. Terletak di kaki gunung Wayang pada ketinggian 1.500 meter di atas permukaan laut, dengan suhu berkisar 18 derajat celcius. Sangat cocok untuk wisata keluarga dengan fasilitas yang cukup lengkap.

Kawah Tangkuban Perahu.
Gunung tangkuban perahu mempunyai ketinggian 2.076 meter di atas permukaan laut. Gunung ini bila dilihat dari kejauhan nampak seperti perahu yang terbalik, karena itulah gunung ini disebut tangkuban perahu. Legenda yang melekat pada gunung ini adalah Sangkuriang, yaitu kisah seorang anak yang jatuh cinta pada ibunya.

Suhu udara di sini bisa mencapai 7 derajat celcius, dengan kelembaban 45 s/d 95%. Dari kota bandung dapat ditempuh dengan jarak 47 Km ke arah utara menuju Lembang atau Subang.

Maribaya.
Objek wisata ini berjarak sekitar 21 Km dari kota Bandung ke arah Utara, atau sekitar 5 Km dari kota Lembang ke arah timur. Rekreasi dengan pemandangan indah dan udara sejuk. Selain memiliki kolam-kolam pemandian air panas mengandung mineral tinggi yang baik untuk kesehatan, juga terdapat beberapa air terjun yakni : Curug Cigulung, Curug Cikoleang, Curug Cikawiri dan Curug Omas.

Curug Cimahi.
Objek wisata air terjun terletak di kecamatan Cisarua, Lembang. Berjarak sekitar 10 Km dari kota Cimahi ke arah Lembang. Atau bisa juga dijangkau dari kota Lembang (sebelum grand hotel Lembang) belok ke kiri ke arah barat (Jalan menuju Cihideung, all abaut strawberry / The Peak cafe).

Kebun Bunga Cihideung.
Terletak di desa Cihideung, kecamatan Parongpong. Dengan luas lahan sekita 50 hektar, desa wisata bunga cihideung merupakan kebun bunga raksasa yang sangat menarik untuk dikunjungi. Terdapat masam-macam koleksi bunga, dan tentu saja anda dapat melampiaskan hasrat berbelanja (bunga) anda di sini.

Taman Ir H. Juanda (Gua Pakar)
Merupakan taman hutan raya yang memiliki koleksi lebihdari 2.500 jenis pohon yang termasuk pada 40 familia dari 180 spesies, antara lain cemara sumatra, kayu jati, kayu kenanga, mahoni uganda, mahoni daun besar, pohon sosis, pinus atau tusam, tusam asia tenggara, filipina, mexico dan kaliandra. Juga terdapat macam-macam fauna terdiri dari berbagai macam spesies burung, musang, tupai, kera, dll.

Tempat ini juga merupakan situs peninggalan Jepang (gua jepang) dan Belanda pada masa perang dunia, karena topografinya yang cocok untuk persembunyian

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar